Tips Blogging Untuk Pemula

Minggu lalu saya sudah ngebahas tips untuk konsisten ngeblog dan karena response-nya lumayan bagus minggu ini saya sambung lagi ya dengan topik yang berbeda.

Tips Blogging Untuk Pemula

Tips Blogging Untuk Pemula www.scoopsofjoy.com

  1. Blogger VS WordPress

Keputusan pertama sebelum mulai blogging adalah menentukan platform yang akan kita pakai. Yang paling populer itu Blogger (Blogspot) dan WordPress. Menurut saya pribadi kedua platforms ini adalah yang terbaik dan sangat user friendly.

Dua-duanya gratis dan banyak kelebihan juga kekurangannya sendiri. Untuk pemula, blogspot lebih mudah, setting-nya gampang. WordPress.com juga gampang digunakan. Saya juga dulunya berawal dari Blogspot dan hijrah ke WordPress.org. Untuk pindah dari WordPress.com ke WordPress.org lebih mudah jika kita ingin punya domain sendiri suatu saat nanti.

  1. Nama Blog & Nama Akun Media Sosial = Personal Brand

Hal kedua yang perlu ditentukan adalah nama. Saat kita mulai ngeblog pasti kita sudah punya bayangan mau kemana arah blog kita apakah kita akan jadi food blogger, fashion blogger, mommy blogger, beauty blogger atau lifestyle blogger? Pilihan itulah yang disebut niche. Sudah tahu blognya masuk kategori apa? Apapun pilihannya pastikan ide tersebut ada hubungannya dengan nama blog kita. Pilih nama yang gampang diingat juga lebih baik.

Setelah kita happy dengan nama pilihan sekarang waktunya untuk menggunakan nama tersebut di akun media sosial. Walaupun mungkin kita pikir ah, saya nggak pake Twitter kok atau Instagram, atau media sosial lainnya atau kita pikir media sosial itu hanya untuk pribadi nggak ada hubungannya dengan blog. Tapi sebaiknya kita seragamkan nama di media sosial dengan blog kita. Gunanya apa? Personal branding. Sebaikanya sebagai blogger kita punya profile di Twitter, Facebook Page, Google +, Instagram, Pinterest, Youtube dan yang lainnya sesuai dengan niche blog kita.

Dengan keseragaman nama tersebut artinya kita sudah punya personal branding dan lebih memudahkan orang lain untuk mengenali kita di dunia maya dan tujuannya semoga kita juga di follow kan?

Dari pengalaman 2 minggu hosting Wellness Wednesday Linky Party dengan Rina dari CuteCoconut, saya jadi teringat pentingnya mempunyai social media presence sebagai blogger. Contohnya begini: saya ketemu blog yang tulisannya bagus dan saya tertarik untuk share postingan tersebut di media sosial. Tanpa akun sosial media si blogger maka blogger tersebut sebenarnya beresiko kehilangan exposure yang bisa datang dari media sosial loh. Kalau si blogger punya misalnya Twitter saya bisa cantumkan nama akunnya saat saya share konten tersebut di Twitter. Media sosial ini senjatanya blogger jadi yuk mari kita gunakan.

  1. Design dan Layout Blog = Keep it Simple

Salah satu keseruan ngeblog adalah menyalurkan kesempatan kreatif kita untuk menunjukkan kepribadian melalui design blog itu sendiri. Untuk blogger pemula, Blogspot dan WordPress.com punya banyak tema/layout yang bisa dipilih dan kita sesuaikan dengan selera masing-masing.

Jika ingin lebih serius dan ingin lebih mengembangkan personal branding kita, ada baiknya kita memiliki design dan layout blog yang unik. Kalau belum ada dana untuk bikin design/layout yang khusus mungkin bisa dimulai dari menciptakan logo atau header yang khas dan sesuai dengan blog kita. Ada banyak tutorial yang bisa digoogle untuk cara gampang membuat header atau logo.

Secara pribadi saya lebih suka blog yang clean looking, tidak terlalu ramai dengan gambar background yang mencolok. Konsep Keep it Simple juga berlaku untuk kita para blogger. Pastikan di blog kita juga ada tautan untuk ke akun sosial media kita. Jangan lupa laman About Me sehingga pengunjung yang penasaran bisa dengan gampang cari tahu siapa sih blogger ini. Kenyamanan pembaca saat berkunjung di blog saya itu sesuatu yang penting untuk dipertimbangkan. Satu tambahan lagi, usahakan jangan menggunakan musik yang otomatis di blog kita. Kenapa? Karena untuk banyak orang, musik kita justru dirasa menganggu.

  1. Mulai menulis = Content is King

Dari kecintaan menulis ini lah kita biasanya jadi blogger kan? Kalau poin-poin di atas sudah beres, tandanya kita sudah siap untuk mulai menulis. Menulislah sesuai dengan niche yang sudah kita pilih sebelumnya. Semakin spesifik niche yang kita pilih, semakin terfokus tulisan kita. Kalau kita memilih untuk menjadi travel blogger misalnya pastikan foto-foto yang diunggah berkualitas dan berukuran pas. Tidak terlalu kecil, juga tidak terlalu besar.

Untuk blogger, penggunaan foto juga penting. Kenapa? Karena attention span pembaca itu biasanya pendek dan jika kita cenderung menulis blog post yang panjang (lebih dari 800 atau 1000 kata), penggunaan foto akan membuat pembaca betah. Secara visual penggunaan foto juga penting. Saya pernah berbagi sumber foto untuk blogger yang bisa digunakan secara gratis di website KEB.

Content is king itu artinya sebaiknya kita menulis dengan kualitas yang baik. Bukan tulisan yang marah-marah atau menghina-hina. Ada juga sih blogger yang sukses dengan cara seperti itu tapi apakah kita mau seperti itu? Hmm…kalau saya nggak deh. Mendingan saya nulis sesuatu yang siapa tahu bisa berguna untuk orang lain. Pastikan tulisan kita juga bebas dari typo (salah ketik) dan sebaiknya hindari penggunaan tulisan yang disingkat-singkat seperti di SMS anak muda jaman sekarang. Kenapa? Selain menyakitkan untuk dibaca (kalau ini pengaruh umur mungkin) tapi saya pastikan banyak orang akan malas membaca blog anda apalagi komentar kalau isi tulisannya juga acak-acakan. Mari kita biasakan menulis dengan baik. Saya juga masih banyak belajar untuk menulis dengan baik dan benar.

Satu lagi hal penting untuk blogger pemula, be original. Jangan mencontek apalagi mencuri tulisan orang lain. Itu dosa besar dalam dunia per-bloggingan! Kalau misalnya tulisan kita terinspirasi oleh blogger lain, silahkan tulis postingan baru dan sebutkan misalnya “Tulisan ini terinspirasi dari abcd.com”

Kalau perlu tips konsisten ngeblog yuk intip tulisan saya minggu lalu.

  1. Manfaatkan Media Sosial

Setelah kita punya akun media sosial yang matching dengan blog, nah sekarang waktunya kita menggunakannya dengan baik. Bagikan postingan anda melalui media sosial seperti twitter, facebook, google+ dan lain-lain. Saling follow dengan blogger lain juga akan membantu tumbuh kembang kita di dalam dunia media sosial (social media presence). Jangan sungkan saling membatu blogger lain dengan sharing postingan ‘tetangga’ di media sosial. A good blogger is a blogger who is willing to share and support other bloggers. Itu pendapat saya jadi yuk saling mendukung.

  1. The Power of Community

Komunitas blogger di Indonesia cukup beragam dari yang saya lihat belakangan ini. Mulai dari komunitas blogger untuk emak-emak (KEB tersayang) sampai Warung Blogger hadir memberikan dukungan untuk blogger di Indonesia. Melalui komunitas ini blogger bisa saling networking dan saling mendukung satu-sama lain. Banyak kampanye online yang diusung oleh blogging communities juga loh. Yuk kita aktif dikomunitas bloggers. Apa komunitas blogger favorite kamu? Share di komen yah!

Selamat ngeblog ya teman, semoga tulisan ini bisa sedikit membantu. Ada tips lain untuk blogger pemula? Yuk, share di bawah sini. Bisa komentar via Facebook juga kok.

Tertarik untuk menerima tips dan trik blogging di inbox? Yuk bergabung dengan milis saya.


Sumber foto: Unsplash

Comments

comments

If you enjoyed this post, please consider leaving a comment or subscribing to the RSS feed to have future blog posts deliver straight to your inbox. Komentar dengan Bahasa Indonesia juga boleh loh jangan malu-malu ya.

60 Comments on Tips Blogging Untuk Pemula

  1. Ety Abdoel
    January 16, 2015 at 1:13 pm (3 years ago)

    Menyimak. Keren tips ngeblognya. Saya juga berusaha konsisten membangun branding blog sebagai mom blogger dan penulis lepas.
    Thank u Mak Maureen
    Ety Abdoel recently posted..KEB 3 Tahun Sauyunan, Selamat !My Profile

    Reply
    • Maureen
      January 16, 2015 at 9:05 pm (3 years ago)

      Makasih Mak Ety, semoga semakin sukses karis sebagai penulis lepasnya yah 🙂

      Reply
    • Maureen
      January 16, 2015 at 9:06 pm (3 years ago)

      Makasih banyak Pak Namin 🙂

      Reply
  2. Noe
    January 16, 2015 at 2:59 pm (3 years ago)

    Hihihi, pertama ngeblog, blogku campur aduk, ngga niche blas. Jd menurutku awal ngeblog ya tulis aja semua yg ingin ditulis, nanti lama2 klo udh banyak bs keliatan jenis tulisan apa yg paling banyak. Aku gitu, lalu dikit2 pindahin content yg gk sesuai niche ke blog lain. 😀

    Reply
    • Maureen
      January 16, 2015 at 9:07 pm (3 years ago)

      Nah bisa juga begitu Mak Noe, yang penting mulai nulis dulu kan yah. Bisa, bisa soalnya aku juga dulu awalnya blognya yah model diary gitu hahaha. 😀

      Reply
  3. Yanet
    January 16, 2015 at 6:25 pm (3 years ago)

    Mbaaak, blog saya masih campur aduuuk… huhu.. Bertahun-tahun nge-blog baru tahu yang beginian, “pemula” banget ya saya… =merenung=

    Makasih ya tips nya. Sangat mencerahkan..
    Yanet recently posted..Studying, Blogging, and ShoppingMy Profile

    Reply
    • Maureen
      January 16, 2015 at 9:09 pm (3 years ago)

      Nggak papa Mbak Yanet, mungkin nanti bisa dipikirin mau spesifik atau tidak ngeblognya. Nggak ada hukumnya ngeblog wajib kita seriusin kok. Saya juga dulu awalnya dari hobi dan blog saya lama juga isinya campur sari 😀

      Makasih ya Mbak!

      Reply
  4. Janiarto Paradise
    January 16, 2015 at 6:58 pm (3 years ago)

    seringkali saya bingung, banyak juga yang bilang blogspot atau wordpress punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, tapi dari yang saya lihat kok kayaknya blogger yang lebih pro lebih milih wp ya… 😀
    Janiarto Paradise recently posted..Camping dan Hiking Ramah LingkunganMy Profile

    Reply
    • Maureen
      January 16, 2015 at 9:14 pm (3 years ago)

      Kayaknya ujung-ujungnya kembali ke selera masing-masing yah Mas? Saya dulu pakai blogspot lama kok dan belajar ngutak-ngatik blog juga awalnya dari sana. Pindah ke WordPress juga nggak ada kendala malah sekarang lebih betah di WordPress karena plugins yang macam-macam bisa kita integrasi bikin blog jadi makin bagus.

      Makasih sudah mampir Mas.

      Reply
  5. Edi Padmono
    January 16, 2015 at 7:04 pm (3 years ago)

    Saya juga pemula dan saya memang tidak pernah memperhatikan hal hal yang demikian karena pada dasarnya tulisan saya hanyalah catatan di waktu senggang saya saja.
    Edi Padmono recently posted..Rumah dan Anak-AnakMy Profile

    Reply
    • Maureen
      January 16, 2015 at 9:16 pm (3 years ago)

      Tidak semua blogger berniat untuk menjadikan blognya sebagai hal yang lebih serius Mas Edi dan menurut saya wajar saya kok. Nggak salah sama sekali 🙂

      Makasih sudah mampir ya.

      Reply
  6. Tiyo Kamtiyono
    January 16, 2015 at 7:12 pm (3 years ago)

    Semua sarannya memang OK, dan wajib diperhatikan buat blogger pemula. Untuk yang membahas akun Social Media memang ada baiknya juga sih tiap blog – blog kita memiliki akun sendiri. Tapi kalau kebanyakan biasanya justru kita yang pusing. Untuk mengatasinya kita juga bisa menerapkan single account for all, seperti yang belakangan saya gunakan setelah nggak kuat ngurus akun twitter tambahan selain 3 akun yang sudah saya miliki saat ini.

    Salam kenal sebelumnya Mbak Maureen.
    Tiyo Kamtiyono recently posted..Rumahweb Hosting Tutorial; Install WordPress dengan SoftaculousMy Profile

    Reply
    • Maureen
      January 16, 2015 at 9:23 pm (3 years ago)

      Salam kenal kembali Mas Tiyo. Makasih sudah mampir.

      Nah untuk yang punya mulltiple social media accounts sebaiknya emang pake single account yah. Saya juga pake single account. Sudah coba pake HootSuite Mas? Saya dulu pake itu waktu kerja untuk salah satu web commerce. Lumayan membantu tapi emang single account is the best yah 😀

      Reply
      • Tiyo Kamtiyono
        January 16, 2015 at 10:35 pm (3 years ago)

        Dulu saya pakai Tweetdeck mbak, bisa satu halaman ngurus beberapa juga, atau Seismic dan twicca di HP . Tapi emang nggak suka berlama – lama di twitter kayaknya, lama – lama saya bosen.

        Belakangan buat efisiensi dan management workflow, saya konsen ke akun twitter pribadi saja.
        Tiyo Kamtiyono recently posted..Rumahweb Hosting Tutorial; Install WordPress dengan SoftaculousMy Profile

        Reply
        • Maureen
          January 17, 2015 at 7:47 am (3 years ago)

          Hahaha iya Twitter kalau kelamaan malah jadi distraksi ya Mas 😀

          Setuju dengan satu akun pribadi saja, lebih praktis. Tweetdeck saya sudah lama nggak pake nih perlu juga kayanya saya buka lagi. Makasih inspirasinya Mas.

          Reply
    • Maureen
      January 16, 2015 at 9:24 pm (3 years ago)

      Hahaha SEO udah banyak yang bahas bok tapi tar coba gw pikirin yah 😉

      Reply
  7. Tamara
    January 17, 2015 at 3:35 am (3 years ago)

    My sister just started a blog this week so I am sending her here. Luckily she already started with self-hosted WP and is happy with it.
    And she is learning about content, commenting and community. The three “C”s!
    Tamara recently posted..Ask Me Anything – The Juicy Answers.My Profile

    Reply
  8. Mundzir MF
    January 17, 2015 at 5:59 am (3 years ago)

    Nyimak sist.

    Salam kenal (tandapetik.com)

    Reply
    • Maureen
      January 17, 2015 at 7:46 am (3 years ago)

      Salam kenal juga Mas 😀

      Wah tandapetiknya keren banget loh!

      Reply
  9. ulu
    January 17, 2015 at 6:54 am (3 years ago)

    menarik2. boleh nambah gak? mulai dari tema yang (amat sangat) disukai. kalau saya begitu, mba, buat dapetin yang no 4. karena saya gak bisa menulis tema yang saya gak sukai dan saya gak kuasai. hehehe 😀
    ulu recently posted..Petunjuk Arah ke Museum Konperensi Asia AfrikaMy Profile

    Reply
    • Maureen
      January 17, 2015 at 7:44 am (3 years ago)

      Boleh banget dong nambahin kan sama-sama biar kita saling belajar 😀
      Saya setuju banget tuh dimulai dengan menulis apa yang kita sukai dan lebih baik lagi kalau nulis sesuatu yang emang dikuasai seperti traveling atau masak atau yang lain.

      Makasih yah! 😀

      Reply
  10. ophi
    January 17, 2015 at 7:36 am (3 years ago)

    Mak..saya agak bingung nih. Blog saya isinya segala macem tumplek blek mulai dr parenting, travelling, kisah sehari dll…gimana natanya yaa. Krn sy kok ga nemu satu tema khusus yg bakal sy konsisteni. Pernah punya bbrp blog per tema tp malah jd sarang laba3 hikss

    Reply
    • Maureen
      January 17, 2015 at 7:40 am (3 years ago)

      Mak Ophi hihihi ga usah bingung mak, parenting, traveling dll itu dijadikan category di blog aja. Kalau Mak Ophi ke homepage saya atau kalau scroll ke bagian paling atas blog saya ini ada beberapa kategori utama yang saya taro: Single mom, Finding Joy, Healthy Living dan Travel. Nggak perlu satu topic satu rumah kok mak 😀 Jadinya kita masuk ke lifestyle blogger. Semoga ngebantu ya.

      Reply
    • Maureen
      January 17, 2015 at 9:45 am (3 years ago)

      Makasih sudah mampir yah. Semoga sukses ngeblognya 🙂

      Reply
    • Maureen
      January 17, 2015 at 9:46 am (3 years ago)

      Sama-sama mbak. Semoga bisa sedikit ngebantu yah. 🙂

      Reply
  11. Uniek Kaswarganti
    January 17, 2015 at 12:39 pm (3 years ago)

    Uwuuwww…makasih tipsnya Mb Maureen… blogku masih ga jelas arahnya 😀

    Reply
    • Maureen
      January 18, 2015 at 9:43 am (3 years ago)

      Nggak papa Mbak Uniek, jalanin dulu terus dilihat yang paling sreg topiknya apa dan itu yang dikembangkan 😀

      Makasih ya udah mampir.

      Reply
  12. sri muliana
    January 17, 2015 at 1:09 pm (3 years ago)

    Saya malah dulu punya niche khusus mbak, tapi akhirnya saya satukan, tapi terlihat postingan saya beratnya kemana, seputar dunia ibu. Karena kemampuan menulis masih ala kadarnya. Kalau nggak terlqlu spesifik tidak terlalu sulit untuk mencari inspirasi.
    Btw, kalau tidak keberatan mampir ke blogku ya mbak, sekalian berkomentar bagaimana pendapat mbak Maureen tentang blogku. 🙂
    Blognya sy follow ya mbak

    Reply
    • Maureen
      January 18, 2015 at 9:45 am (3 years ago)

      Nah itu contoh yang bagus Mbak Sri, jadi bisa ketahuan postingannya lebih banyak soal dunia ibu 😀 Makasih ya Mbak sudah follow, saya mampir ke blognya yah.

      Reply
  13. Lestarie
    January 17, 2015 at 1:48 pm (3 years ago)

    Wah, keren nih tipsnya. Blogku juga masih nggak tau arah, Mak. Belum punya yang pasti. Hiks. Campur aduk kayak es campur, Mak. Semoga semakin ke sana, saya tahu ke mana tulisan itu bertujuan 🙂

    Makasih sharingnya, Mak :*

    Reply
    • Maureen
      January 18, 2015 at 9:49 am (3 years ago)

      Awalnya juga saya dari campur aduk kok Mak 😀 Nggak papa itu normal yang penting banyakin dulu tulisannya terus nanti bisa dilihat tulisan mana yang paling banyak komentar, paling banyak visitornya. Dari situ bisa dipilih dan dikembangin.

      Makasih udah mampir ya Mak 🙂

      Reply
    • Maureen
      January 18, 2015 at 9:52 am (3 years ago)

      Halo Mak Lathifah, salam kenal 🙂
      Makasih sudah mampir ya, emang untuk konsisten ngeblog itu butuh komitmen sih dan saya juga belum lama kok ngejalanin dengan lebih konsisten tapi hasilnya sudah lumayan bagus (visitor meningkat, alexa ranking membaik dll). Nanti saya mampir ke blognya ya Mak.

      Reply
  14. ratna pohon
    January 17, 2015 at 3:05 pm (3 years ago)

    Makasih tipsnya mbaa, blog saya isinya curahan isi hati, masih semacam curhat. ^^

    Reply
    • Maureen
      January 18, 2015 at 9:53 am (3 years ago)

      Sama-sama Mbak Ratna 😀 Nggak papa diawali dari curhat lama-lama bisa jadi sesuatu kan.

      Reply
  15. Dwi Aryanti
    January 17, 2015 at 3:10 pm (3 years ago)

    Tipsnya dan blognya keren. Bagi2 ilmunya lagi mak ^.^

    Reply
    • Maureen
      January 18, 2015 at 9:55 am (3 years ago)

      Waaa makasih Mak Dwi 🙂
      Nanti saya bagi ilmu yang lain yah. Semoga bermanfaat.

      Reply
  16. Nisa g.lova
    January 17, 2015 at 4:32 pm (3 years ago)

    setuju, mbak. apalagi yang desain/layout beneran ngefek banget di blogku. dulu aku pake theme bawaan blogspot, standard banget dan agak berantakan. sekarang nyoba ganti ke theme yg lebih simpel. lumayan lho, visitor nambah meski nggak terlalu drastis. *betah kali ye, : )
    Nisa g.lova recently posted..Buku Rajut Knitting: Kado TerindahkuMy Profile

    Reply
    • Maureen
      January 18, 2015 at 9:57 am (3 years ago)

      Nah itu mbak, desain/layoutnya berarti sukses bikin pengunjung betah hehehe. Sukses yah! Makasih udah mampir.

      Reply
    • Maureen
      January 18, 2015 at 9:59 am (3 years ago)

      Hai juga Mak, salam kenal balik 🙂 Makasih banget komennya bikin hati saya adem.

      Reply
  17. Putri Madona
    January 18, 2015 at 10:05 am (3 years ago)

    Aku juga masih gado-gado Mak…
    Dan belum nentuin akankonsisten dimana…
    Semoga kelak menemukan jalannya….:-)
    Makasih sharingnya Mak….:-)

    Reply
  18. Lusi Cinta Dewi
    January 18, 2015 at 10:07 am (3 years ago)

    Terimakasih sharenya mak Maureen. saya sebagai blogger pemula merasa terbantukan dengan adanya postingan ini. Karena poin-poin dasar sebagai blogger pemula lengkap disini. Semoga saya bisa menulis lebih baik lagi. Thanks…;)

    Kalo berkenan mampir di blog saya ya mak.. tapi masih sederhana. 😀

    Reply
  19. indah primadona
    January 18, 2015 at 2:48 pm (3 years ago)

    wah cocok banget nih tipsnya buat aku yang masih pemula mak…
    selama ini ngeblog cuma suka-suka, pengen bisa jadi blogger sejati
    makasih ya mak ^_^
    indah primadona recently posted..Doily PatternMy Profile

    Reply
  20. Andin
    January 18, 2015 at 7:50 pm (3 years ago)

    Buat poin 4 sama 5, kayaknya memang perlu waktu khusus ya? Maksudnya ada alokasi waktu tertentu buat network buliding tiap harinya. Still not good enough at time management

    Reply
  21. Mugniar
    January 18, 2015 at 9:35 pm (3 years ago)

    Hai Mak, kemarin2 baru longok2 blognya yang keren. Sekarang baru komen 🙂

    Tips-nya oke.

    Kalo ttg niche …. saya tidak menetapkan yang umum ditetapkan orang. Sy memilih menulis menjadi diri saya sendiri dalam format gado2 :), lebih nyaman begitu buat saya. Jadi sy bisa mengasah keterampilan menulis dalam macam2 hal, sekalian bisa ikut lomba2, dan mengasah kemampuan meresensi.

    Sukses ya Maak 🙂
    Mugniar recently posted..Kebahagiaan Setelah Berulang Kali Hampir MenyerahMy Profile

    Reply
    • Maureen
      January 19, 2015 at 1:55 pm (3 years ago)

      Monggo Mak, makasih banyak ya. Semoga berguna 🙂

      Reply
  22. Fahmi Fanirius
    February 3, 2015 at 4:27 pm (3 years ago)

    Ane blogger pemula. Makasih sharing nya. 🙂

    Reply
  23. febridwicahya
    November 11, 2015 at 11:33 am (2 years ago)

    Dulu milih bikin blog pake wordpress karena simpel :))

    Reply
  24. fee
    December 22, 2015 at 10:06 am (2 years ago)

    Tips yang berguna….saya juga masih menimba ilmu dimana-mana..sebagai blogger pemula
    salam kenal mba…

    Reply
  25. Blogger Pemula
    April 6, 2016 at 11:16 am (2 years ago)

    yang paling peting dalam ngeblog adalah keinginan dan kerja keras.. kalau seorag blogger tak memiliki sipat ini, maka akan sulit mencapai target yang di inginkan..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment *






CommentLuv badge