Royal Safari Garden Resort Review

Hidup dan tinggal di Jakarta yang sudah penuh sesak bikin Weekend Getaway menjadi kebutuhan buat saya pribadi.

Weekend Getaway Keluarga di Royal Safari Garden Resort & Convention

Pilihan edisi ngabur sekejab dari Jakarta akhirnya jatuh pada Royal Safari GardenResort and Convention.

Bermacet-macet menuju Bogor akhirnya terbayarkan dengan udara segar juga pemandangan hijau yang bikin hati adem begitu memasuki Royal Safari Garden Hotel ini.

Proses check-in di lobby mereka yang luas juga berjalan cepat banget walaupun kami datang lebih cepat dari standar waktu yang seharusnya jam 2 siang, tapi ternyata kamar kami sudah siap.

Royal Safari Garden Resort Lobby

Sementara saya check-in, dua keponakan saya juga anak lanangku sudah heboh menjelajah gift shop yang juga ada di area lobi. Souvenir lucu-lucu mulai dari tote bag (yang asli lucu banget!) sampai boneka-boneka binatang bertebaran di dalam gift shop. Para krucils pun langsung memilih souvenir yang mereka mau.

Gift Shop

Beres check-in, buggy car sudah siap nungguin kami di depan pintu lobi. Bocah-bocah pun kegirangan nan heboh. Sesungguhnya mungkin kami keluarga paling heboh saat proses check-in hari itu.

Buggy

Buggy car mengantarkan kami untuk nonton atraksi burung, kami lalu memutuskan untuk berjalan mengeksplor wahana lain yang banyak banget di Royal Safari Garden. Kami melihat Iweng dan Clara dua gajah yang digunakan untuk wahana gajah tunggang.

Mengingat kami belum makan siang, kami memutuskan untuk makan di restoran hotel saja. Restaurant Sky Garden dengan nuansa terbuka ini benar-benar bukan hanya memanjakan lidah dengan kualitas rasa yang nikmat tapi juga karena pemandangan ke arah gunung yang oh, so beautiful! Semilir angin sejuk bikin mata jadi berat setelah kami kekenyangan.

Tidak lama karena bocah-bocah sudah mulai kecapean kami memutuskan untuk ke kamar saja.

Giraffe Suite

Kami dapat kamar di lantai 3. Gedung untuk Giraffe Suite ini terpisah dari tipe kamar lainnya.Di Royal Safari Garden ini ada banyak banget pilihan tipe kamar yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari Bungalow dengan 2 atau 3 kamar sampai Suite.

Termasuk tipe kamar yang baru, Giraffe Suite menawarkan lebih dari sekedar kamar lho ternyata. Ada dapur kecil di pojok dekat pintu masuk. Lengkap dengan peralatan makan, sink untuk cuci piring dan tangan juga kulkas berukuran sedang. Meja makan yang cukup untuk 4 orang juga disediakan. Dekor interior kamar juga disesuaikan lho dengan namanya, Giraffe. Keponakan saya yang cewek jatuh cinta dengan mural besar di dinding kamar bergambar dua jerapah.

Yang saya suka banget? Welcome hamper berisi cemilan yang ditata cantik di atas tray berbalut daun pisang. Coba lihat keponakan saya saja nggak sabar buat nyobain cemilan ini.

Layout Giraffe Suite juga cukup luas, ada sofa kecil untuk bersantai. Salah satu bagian favorite bocah-bocah adalah rak TV yang bisa diputar 360 derajat. Jadi kebayang dong bisa leyeh-leyeh nonton TV sambil rebahan di Kasur empuk atau sambil duduk santai di sofa. Seru ya.

Bagian favorite saya adalah balkonnya! Pemandangan dari balkon cantiiiiik banget. Pohon-pohon pinus hijau, suara-suara burung…udara segar. Ah, bahagia banget rasanya paru-paru saya bisa menghirup udara segar. Ada dua kursi di balkon untuk bersantai sambil minum kopi.

Sayangnya cuaca agak kurang bersahabat sore itu karena Bogor hujan lebat sampai malam hari. Jadi kami tidak sempat menjelajah lebih banyak fasilitas Royal Safari Garden. Tapi kami cukup bahagia dengan bersantai di kamar apalagi kami menempati connecting room. Jadi keponakan-keponakan saya bebas berlari dari kamar satu ke kamar lainnya.

Kamar mandi juga luas dengan rainshower yang pas banget buat nyegerin badan yang lelah. Serasa dipijit di bawah shower. Ah, nikmat lah pokoknya!

Oh ya lokasi Royal Safari Garden ini juga dekat dengan banyak tempat makan di sepanjang jalur kearah puncak lho jadi kalau kalian seperti saya dan adik saya yang suka terserang lapar tengah malam, gampang kok cari makan keluar hotel.

Serunya lagi karena menginap di Royal Safari Garden, setiap tamu otomatis dapat diskon khusus untuk tiket masuk ke Taman Safari yang memang satu group dengan hotel ini. Seru yah, jadi bisa sekalian jalan-jalan ke Taman Safari kalau mau. Cobain night safari mereka deh!

Tidur rasanya pules banget apalagi terbangun dengan suara-suara alam. Disambut udara segar kami memutuskan untuk ngikutin tips kecil dari sahabat saya untuk naik ke lantai paling atas. Di lantai 4 yang nantinya akan dibangun roof top cafe pemandangan 360 derajat bener-bener cantik! Gunung dan semua yang hijau bikin hati adem.

Untuk sarapan kami menuju Arumba resto yang letaknya tidak jauh dari Giraffe Suite. Restaurant berukuran sangat luas ini sudah ramai saat kami tiba. Pilihan menu sarapan juga beragam banget. Mulai dari yang tradisional seperti bubur ayam bahkan nasi liwet juga ada.

Sarapan ditemani alunan musik Sunda tradisional kok bikin makan makin lahap yah atau mungkin saya sedang lapar hahaha.

Yang seru di dekat pintu masuk ke dalam restaurant ada stand kecil yang jualan sayuran organic hydroponic hasil dari kebun Royal Safari Garden sendiri lho. Wah salut banget, sayurannya bener-bener fresh from their own garden. Bravo for pioneering self-sustainability!

Ada juga seekor burung cantik bersama pawangnya yang bisa diajak berfoto hanya dengan biaya IDR 10,000! Ini jadi incaran anak-anak, si burung ini dikerumunin anak-anak yang mau mengelus atau berfoto.

Kenyang sarapan kami memutuskan untuk naik perahu di kolam yang isinya penuh ikan koi berukuran jumbo. Perahu yang didayung oleh kaki ini lumayan jadi semacam olahraga pagi.

Activities for the whole family

Yang special dari Royal Safari Garden ini adalah beragam aktifitas yang dikemas untuk seluruh keluarga dalam satu tempat.

Lelah jalan kaki? Sewa sepeda tandem bahkan Segway untuk berkeliling atau ‘menumpang’ di buggy car berukuran besar yang rutin keliling kawasan Royal Safari Garden.

Bukan cuma permainan untuk anak-anak seperti bumpy car, kereta anak-anak, sampai mini golf tapi banyak banget bagian edukasi yang tersedia seperti Taman Burung. Di taman burung, kita bisa memberi makan (make sure you bought the bird food ya jangan dikasih makanan manusia!) burung-burung cantik sambil terpukau dengan burung merak albino yang mondar-mandir dengan bebasnya. Duh sayang kami tidak sempat melihat buruk merak albino ini mengembangkan sayapnya. Pasti cantik banget ya.

Wahana naik gajah juga sempat kami coba walaupun sejujurnya saya merasa agak sedikit perang batin karena ada perasaan nggak tega naikin Iweng. Gajah yang umurnya sudah tua ini sangat gentle dan sudah terbiasa dengan manusia. Tapi saya bahagia banget bisa mengedukasi anak-anak mengenai gimana gajah ini perlu kita lindungi. Rasanya saya pengen memeluk Iweng setelah kami selesai menaiki dia selama beberapa menit.

Selain itu ada juga wahana untuk naik kuda buat anak-anak dan naik unta kalau mau. Untanya bernama Jeniffer yang aslinya didatangkan dari Australia. Ada petting zoo kecil yang isinya kuda poni yang bisa dipegang-pegang dan disayang-sayang. Ada juga kelinci-kelinci yang bisa dikasih makan lho. Gemesin pokoknya.

Karena luasnya yang gede banget, weekend saja rasanya nggak cukup untuk menikmati semua fasilitas dan hiburan di Royal Safari Garden ini. Kolam renangnya saja cantik gini coba. Anak-anak nggak mau pulang. Malah anak saya sempat ngambek hahaha.

Sepertinya memang nanti kami harus kembali lagi ke Royal Safari Garden!

Sudah pernah merasakan keseruan liburan keluarga di Royal Safari Garden belum? Silahkan hubungi mereka to plan your getaway. I assure you it is so worth it and you will have an unforgettable experience there.

Terima kasih Royal Safari Garden! We’ll be back.

Royal Safari Garden Resort & ConventionRoyal Safari Garden Resort & ConventionJl. Raya Puncak – Cisarua No.601, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Indonesia
Phone:+62 251 825 3000

Disclaimer: We were guests at Royal Safari Garden Resort & Convention but this has not influenced my opinion of the hotel.

Comments

comments

Follow:
Maureen

Lifestyle and travel blogger, founder of Single Moms Indonesia on a quest of finding joy in everyday life and living life to the fullest with kindness, compassion, grace and a bit of sass.

Find me on: Web | Twitter | Facebook

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.