Familia Urban Solusi Tumbuh Kembang Positif Anak

Sebagai Ibu Tunggal yang membesarkan anak semata wayang saya sendiri, salah satu faktor penting yang menjadi pertimbangan saya saat mencari hunian pastinya keamanan juga kenyamanan lingkungan bukan hanya faktor harga rumah yang akan kami tempati.

Kenapa faktor lingkungan penting bagi tumbuh kembang anak?

Karena rumah memegang peranan penting. Anak-anak yang dibesarkan di rumah dengan banyak cinta pasti akan bertumbuh kembang menjadi orang-orang yang juga penuh cinta dan kebaikan. Lingkungan yang aman yang memberikan ruang bagi anak-anak untuk menikmati masa kecilnya juga memegang pernanan penting.

Saya masih ingat betul betapa bahagianya masa kecil saya di kampung dulu. Saya bebas naik sepeda keliling kompleks perumahan tanpa pernah merasa takut. Sayangnya di Jakarta hal ini menjadi luxury yang tidak lagi dapat dinikmati semua anak-anak kita. Kerinduan saya adalah suatu hari nanti dapat memberikan hal serupa pada anak saya.

Masa kanak-kanak seharusnya tidak menimbulkan stress tapi alangkah kagetnya saya ketika membaca satu artikel di Kompas perihal tingkat stress pada anak-anak belakangan ini. Dari sebuah penelitian terhadap 113 anak yang tinggal di lingkungan buruk menunjukan tingkat kortisol rata-rata (penanda biologis dari respon stres tubuh) mencapai 75 persen. 75% itu tinggi banget lho!

Kortisol adalah ukuran dorongan stres biologis, dan peningkatan kadarnya pada anak-anak berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental. Kadar kortisol yang tinggi berhubungan dengan beberapa penurunan fungsi kesehatan. Misalnya, peningkatan gula darah dan tekanan darah, nyeri punggung, penipisan tulang, obesitas, insomnia, kecemasan serta kelelahan.

Sangat memprihatinkan yah?

Oleh sebab itu saya bahagia sekali dapat hadir di Booth Timah Properti  yang keren banget di Indonesia Property Expo (IPEX) 2018 hari Sabtu lalu.

Menghadirkan narasumber Ibu Reynitta Poerwito, Bach. Of Psych., M. Psi seorang Psikolog Klinis dari Eka Hospital BSD, ada Zata Ligouw, Editor In-Chief Lolamagz yang keren abis bersama Bapak Teguh Suhanta Manager Realty Familia Urban.

Penjelasan Ibu Reynitta tentang pentingnya peran orang tua dalam membesarkan anak dalam lingkungan yang baik seperti semakin membuka mata kami para peserta. Ada banyak sekali tips yang dibagikan Ibu Reynitta di acara talk show ini. Saya coba rangkum beberapa pointersnya di bawah ini ya. Semoga bermanfaat.

  1. Peranan Lingkungan dalam tumbuh kembang anak dapat bersifat positif atau negatif
  2. Tugas utama orang tua/pengasuh/pendidik adalah untuk menciptakan atau menyediakan lingkungan yang positif agar dapat menunjang perkembangan anak dan berusaha untuk mengawasi serta menghindari pengaruh lingkungan negatif yang dapat merusak atau menghambat perkembangan potensi anak
  3. Orangtua butuh lingkungan yang dapat dipercaya agar dapat memberikan kebebasan kepada anak untuk mengeksplor lingkungan sekitarnya
  4. Secara alami anak-anak terlahir memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar oleh sebab itu penting bagi mereka untuk dapat berekspolarasi
  5. Proses pembelajaran anak-anak tidak hanya terjadi di dalam rumah tapi juga di luar rumah
  6. Jumlah waktu bermain di luar rumah dapat mempengaruhi tinggal stress level pada anak-anak kita
  7. Anak perlu diberikan kesempatan untuk bermain diluar ruangan dengan alasan berikut:
  • Frontiers in Pysch: Meningkatkan motivasi dalam belajar
  • Membangun rasa percaya diri terutama dalam bersosialisasi
  • Melatih sensor motorik anak
  • Belajar secara aktif
  • Menyehatkan fisik dan membentuk pola pikir anak yang kreatif

Ternyata bermain di luar rumah itu jadi salah satu faktor penting dalam proses tumbuh kembang anak-anak ya. Walaupun ruang main yang aman dan nyaman di Jakarta semakin susah di cari tau nggak sih ternyata Bekasi punya Familia Urban yang dikembangkan oleh PT. Timah Properti dengan konsep landed house (rumah tapak) yang menyatu dengan alam, di mana halaman merupakan bagian yang tak terpisahkan dari rumah dan merupakan tempat tinggal yang ideal bagi anak untuk tumbuh dan berkembang.

Mendengarkan penjelasan dari Bapak Teguh Suhanta, Manager Realty Familia Urban perihal perencanaan Familia Urban ini bikin saya pengen pindah ke Bekasi! Selain dibangun dengan mempertimbangkan keluarga kecil dengan anak, pembagian kawasan juga jadi pertimbangan penting bagi PT. Timah Properti dalam pengembangan lokasi ini. 

Karakter masterplan yang ingin dihadirkan yaitu kawasan yang terbuka (open city), dimana kawasan didesain padat, heterogen, dan memiliki diversitas yang tinggi. Pertumbuhan secara horizontal ditunjang dengan pemanfaatan ruang terbuka publik yang tinggi akan menghasilkan fenomena ever-growing community.

Untuk yang masih ragu dan mikir Bekasi jauh, udah deh, mending mampir aja dulu ke JCC ke boothnya Familia Urban ya. Lokasi perumahannya bisa diakses dari empat tol. “Hunian ini bisa diakses melalui jalan tol Jatiasih, Bekasi Timur, Bekasi Barat, dan Tambun” demikian dijelaskan Pak Teguh.

Nah, untuk teman-teman yang masih mencari hunian yang aman, nyaman demi buah hati tersayang masih ada waktu nih untuk mampir ke booth PT. Timah Properti di IPEX 2018 di Jakarta Convention Center sampai tanggal 30 September 2018. Lokasinya di JCC, Hall B, No. 39-40.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi PT. Timah Properti ya.

Marketing Gallery Familia Urban:
Jl. Mandor Demong, Mustikajaya
Bekasi 17157 – Jawa Barat
Website: www.timahproperti.co.id
Email: familiaurbanhouse@gmail.com

Comments

comments

Follow:
Maureen

Lifestyle and travel blogger, founder of Single Moms Indonesia on a quest of finding joy in everyday life and living life to the fullest with kindness, compassion, grace and a bit of sass.

Find me on: Web | Twitter | Facebook

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.