Tips Mempersiapkan Blog Untuk 2017

2017 sudah di depan mata.

Punya resolusi untuk blogging lebih serius, lebih profesional dan lebih sukses di tahun 2017?

If you are ready to take your blogging to the next level, then here are some tips for you. Di bawah ini ada 5 PR gampang untuk mempersiapkan blog kita memasuki tahun 2017.

Tips Mempersiapkan Blog Untuk 2017

Get your blog ready for 2017

  • UPDATE ABOUT ME PAGE

Coba cek deh apa laman “About” atau “About Me” di blog kita sudah update atau belum? Kalau fotonya masih foto jadul yang resolusinya jelek, sudah waktunya diganti tuh! Pengujung blog kita hanya punya waktu beberapa menit untuk membaca laman ini jadi coba tulis About page yang menarik dan unik. Nggak perlu juga riwayat hidup dimuat semua. Jangan lupa tambahkan “Call to Action” di laman ini. Call to Action-nya dapat berbentuk ajakan untuk nge-like Facebook Page blog kita atau untuk sign-up newsletter. Want to do something different? Tambahkan page “Work With Me” bisa jadi pilihan.

  • BERSIH-BERSIH SIDEBAR & FOOTER

Coba check deh apa sidebar blog kita sudah penuh sesak dengan kebanyakan banner atau hal-hal nggak penting dan nggak relevan lagi? Kalau iya, sudah waktunya kita menghapus banner/links yang lama dan nggak penting. Sidebar dan footer yang rapih selain bikin pengunjung blog nggak sakit mata juga lebih enak dilihat dan mempercepat loading time.

  • UPDATE AKUN SOSMED

Sebaiknya semua akun media sosial kita yang berhubungan dengan blog itu seragam. Seragam? Iya, artinya mau Twitter, Instagram, Pinterest, dll semuanya menggunakan username yang sama. Untuk apa? Branding, my dear! Jadi visitor di blog bisa langsung ngeh oh, ini Instagram-nya si Mbak itu, kan namanya sama. Sebaiknya profile picture yang digunakan juga sama sehingga visitors juga lebih mudah mengenali. Jangan lupa update juga bio yang ada di masing-masing sosmed.

  • CHECK BROKEN LINKS

Ini juga penting kadang-kadang postingan lama kita mengandung links yang sudah wafat tapi karena postingannya sudah lama kita nggak sadar. Untuk yang blognya di wordpress dan self host bisa menggunakan plugin Broken Link Checker. Jangan lupa untuk memastikan semua links yang ada di postingan kita masih aktif apalagi kalau postingan tersebut banyak pengunjungnya, nggak mau kan visitor bete karena linknya ternyata modar?

  • BRAINSTORMING BLOG POST IDEAS UNTUK 3 BULAN PERTAMA 2017

PR terakhir ini yang paling susah, tapi saya yakin kalau kita bisa mempersiapkan ide-ide atau topik blog post paling tidak untuk tiga bulan pertama (Q1) 2017, maka di bulan Januari nanti akan lebih mudah untuk mengembangkan ide-ide itu jadi blog post. Coba check statistik blog – Google Analytics is best! – untuk melihat blog post paling populer di tahun 2016 apa saja. Dari situ kita bisa melihat tulisan mana yang paling disukai visitors. Berbekal informasi ini kita bisa lebih mudah memetakan jenis-jenis blog post apa yang bisa kita tulis di tahun baru nanti.

Sepertinya banyak juga ya PR kita untuk mempersiapkan blog memasuki tahun 2017? Tenang, tarik napas, dan kerjakan yang dirasa lebih mudah dulu.

Semoga blognya semakin sukses di tahun 2017 ya, guys! Ada tips tambahan yang mau di share nggak? Saya tunggu komennya ya.

Happy New Year from me!

Comments

comments

Follow:
Maureen

Lifestyle and travel blogger, founder of Single Moms Indonesia on a quest of finding joy in everyday life and living life to the fullest with kindness, compassion, grace and a bit of sass.

Find me on: Twitter | Facebook

Share:

14 Comments

  1. December 28, 2016 / 12:27 pm

    untuk point pertama, sepertinya akan saya terapkan dalam waktu dekat mbak. update foto profil terbaru di page “about”, kalau untuk “work with me” saya belum pede, blog masih abal2, hehehe, tetapi saya pernah kok di emailin buat content placement n job review.

    skip..

    point 5 nih, saya yang agak bingung. kan blog saya temanya review dan tips, yang paling banyak dikunjungi tentang tips dan cara.

    pokoknya tahun 2017 saya akan habis2an ngebranding blog sebagai blog review dan pemenang kontes blog 🙂

    goodluck for me 🙂

    • Maureen
      Author
      December 28, 2016 / 3:59 pm

      Wah keren Mas berarti sudah tersegmentasi yah khusus review dan tips justru SEOnya lebih enak kan yah banyak dicari orang.

      Work With Me mungkin bisa diganti dengan Kolaborasi Mas karena aku abis mampir ke blognya keren lho dan sekarang kan banyak brand yang mau kerjasama untuk review gitu juga. 🙂

      Sukses di tahun 2017 yah Mas!
      Maureen recently posted..Tips Mempersiapkan Blog Untuk 2017My Profile

  2. December 28, 2016 / 3:56 pm

    1-4 doneeeeeee,
    Yang ke 5 bener banget, apalagi mumpung cuti bersalin, harus nabung draft biar ga keteteran kalo dedek uda lahir….
    Poin tambahan apa yaa…. Mmmm, belajar tentang SEO kayanya jadi PR buat saya juga mba… 🙂
    Nice tips mbak Maureen!

    • Maureen
      Author
      December 28, 2016 / 4:11 pm

      Wah selamat mengumpulkan draft ya Mbak!
      Iya SEO penting aku pun masih belajar soal SEO ini. Makasih sudah ditambahin tipsnya yah Mbak dan semoga kehamilannya lancar sampe dedeknya lahir. Sukses buat blognya juga di tahun 2017.

  3. December 28, 2016 / 5:24 pm

    Kece tipenya Mbk. Yang terakhir malah jarang kepikiran karena nulis by ide lewat, thanks udah diingatkan ya

  4. December 29, 2016 / 7:41 am

    Nice tips mba Maureen, thanks ya.. bermanfaat buat newbie spt saya ini 🙂 Salam kenal ya. Cheers, Sari

  5. December 29, 2016 / 7:41 pm

    Yaaahh yang susah tuh nyeragamin nama akun sosmed dengan nama blog. Ehh harus sama dgn nama blog gak y? Klo gak sih rasanya semuaa soamed aku udh pake nama yg sama.

  6. December 29, 2016 / 11:26 pm

    duh mau cek broken link jadi paranoid biasanya harus lembur hehehe banyak banget

  7. December 30, 2016 / 4:28 am

    Siap2 cek broken link…

    Salam kenal mak

  8. December 30, 2016 / 7:59 am

    Iya ni, aku juga to do list ngeblog 2017 mau bersih2 n otak atik blog.
    Dan tentunya miga makin konsisten deeh..

  9. December 30, 2016 / 9:43 am

    Waah, beemanfaat banget mbak. Mau mulai cek broken link aah. Sama mau coba nerapin poin terakhir. Jujur belum pernah sedetail itu huhuhu.

    Thanks for sharing, mbak

  10. May 28, 2017 / 4:42 pm

    Kerenn tipsnya kaya blognya rame banget. Makin betah disini. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.