Tips Konsisten Ngeblog

Ini postingan pertama yang pake Bahasa Indonesia di 2015. Setiap hari Jumat, Scoops of Joy bakalan rutin posting dalam Bahasa Indonesia.

Topik pertama ini terinspirasi dari komentar Mbak Lia di postingan tentang schedule Scoops of Joy di tahun 2015. Terima kasih Mbak!

β€œKeren mbak, sudah punya schedule-nya. aku kepengen bikin, cuma masih takut gak konsisten. share tipsnya ya.” – Mbak Lia

Tips Konsisten Ngeblog

  1. Tips Konsisten Ngeblog | Scoops of JoyKomit Menulis. Awal muasal kita jadi blogger kan karena kita hobi nulis. Iya bukan? Biasakan menulis setiap hari untuk 30 menit. Menulisnya nggak perlu langsung dipublish di blog loh. Bisa disimpan saja sebagai file word. Intinya hal ini untuk membiasakan kita untuk menulis. Itu yang susah kadang nyari waktu untuk nulis padahal idenya banyak. Siapkan 30 menit (ini hanya contoh ya waktunya bisa bebas terserah mau berapa lama) yang kira-kira kita nggak diganggu. Bilang ke anak/pasangan/pacar kalau kita butuh waktu ini untuk nulis jadi tolong jangan diganggu.
  2. Tutup Facebook-nya! Saat menyiapkan blog post atau waktu nulis sebaiknya tab/windows Facebook atau akun sosial media lainnya ditutup dulu. Kenapa? Karena yang ada malah nanti kita keasyikan scrolling Facebook. Setiap saya nulis Facebook dan kawan-kawannya pasti saya tutup karena saya tahu kalau saya sudah browsing malah tulisan saya jadi dianggurin.
  3. Simpan Inspirasi Ngeblog. Sekarang semua blogger rata-rata sudah pakai smart phone kan yang ada app untuk menyimpan catatan atau voice note. Maksimalkan aplikasi ini untuk membantu konsistensi ngeblog. Caranya? Kadang-kadang ide atau inspirasi untuk ngeblog itu bisa datang di mana aja dan kapan aja. Waktu lagi nganterin anak ke sekolah misalnya, atau pas kita belanja di pasar tiba-tiba dapet ide untuk ngeblog nah buru-buru deh keluarin smart phone-nya dan dicatet idenya itu biar nggak lupa. Sampai di rumah tinggal kita lanjutin nulis. Saya paling seneng pake voice note karena paling gampang.
  4. Bikin schedule ngeblog. Ini foto editorial kalender manual saya. Editorial CalendarBlogging CalenddarNgapain sih repot-repot bikin schedule? Untuk ngebantu konsistensi ngeblog pastinya! Dengan nulis begini kita jadi termotivasi untuk ngeblog, untuk ngikutin jadwal yang kita pilih sendiri. Blogging jadi lebih terstruktur rapih karena saya sudah menjadwalkan topic-topik yang akan saya tulis sesuai dengan blogging niche (blogging niche ini nanti saya bahasa di postingan berikutnya). Saya juga mengumumkan schedule ini dengan harapan teman-teman yang mampir di Scoops of Joy jadi tahu apa sih yang bakalan mereka baca kalau misalnya blog walking pas hari Jumat. Manfaat dari editorial kalender ini banyak. Kadang saya langsung jadi terinspirasi untuk nulis hanya dari ngeliatin si kalender ini loh. Tulisannya begitu beres saya schedule di blog jadi pada hari H saya nggak usah pusing lagi atau kelabakan posting. Efesiensi ngeblog juga kan buat kita emak-emak yang sibuk di rumah.
  5. Banyak baca. Dari blog walking atau baca-baca website/blog lain kita sering juga jadi terinspirasi untuk nulis. Kalau perlu jadwalkan urusan jalan-jalan virtual ini setiap hari. Caranya? Sisihkan 1 jam setiap harinya untuk baca-baca blog orang lain.

Nah itu sedikit tips dari saya semoga membantu. Sedikit sejarah, saya ngeblog sudah lumayan lama bisa ditengok di sini ya ceritanya.

Apa ada ide lain untuk tetep konsisten ngeblog? Yuk shareΒ lewat komen. Mari kita semangat ngeblog dan saling mendukung.

Stock Photo dari: Unsplash

Follow:

Comments

  1. January 9, 2015 / 5:09 pm

    Makasih tipsnya mbak! Keren deh udah ada skedulnya! Ini lagi belajar konsisten dengan nabung-nabung tulisan seperti yang mbak bahas di atas. Tiap ada ide langsung nyatet. Semangat!

    • January 9, 2015 / 7:10 pm

      Makasih banyak Mbak Mayya, semangat terus yah ngeblognya πŸ˜€

  2. January 9, 2015 / 6:05 pm

    Boleh juga nih kak tips-nya. Yang ninggalin facebook tuh ane setuju banget. Soalnya kalau sudah asyik chatingan sama temen-temen, rencana awal untuk menulis jadi tertunda.

    • January 9, 2015 / 7:15 pm

      Makasih yah, emang Facebook ini suka jadi godaan πŸ˜€

  3. January 9, 2015 / 6:35 pm

    Tutup tab facebook… πŸ˜€ betul juga tu mbak! Saya sering keseret rasa penasaran gara2 facebook, padahal pengen nulis. Jadi keteteran deh…
    Makasih ya mbak, tipsnya masuk akal. Akan saya coba untuk konsisten. Hehehe, sebenarnya itu juga salah satu alasan saya ikutan wellness wednesday, pengen konsisten nulis dan pengen konsisten jaga kesehatan. Paling nggak kalo nulis jadi ingat buat olahraga. Biar malu karena nggak ngelakuin apa yg ditulis… *ketok jidat sendiri*

    • January 9, 2015 / 7:21 pm

      Sukses ya mbak buat ngeblognya dan Wellness Wednesday-nya jangan lupa minggu depan ikutan ya. πŸ˜€ Emang kalau kita tulis dan kebaca tuh rasanya jadi keinget terus kan. Eh tapi jangan salah Mbak itu udah terbukti loh the power of image/picture karena alam bawah sadar kita akan inget apa yang kita lihat nah tinggal gimana kita jalanin deh.

  4. January 9, 2015 / 9:01 pm

    Makasih tips-nya mba, semua kegiatan bloggingku kulakukan dg hp sekarang, entah knp rada males pake leptop. Di kantor juga pc udh gk ada akses inet. But as a blogger, kudu ttp konsisten nulis meski pake hp aja πŸ˜€

    • January 10, 2015 / 9:59 am

      Wah mbak Noe hebat! Aku nggak bisa mbak blogging dari HP karena proses blogging aku lama belum untuk ngedit foto dll πŸ™‚ Makasih udah share ya mbak.

  5. January 9, 2015 / 10:56 pm

    wow Mbak Maureen! terima kasih udah sharing supaya kita bisa konsisten nge-blog πŸ™‚
    poin 1 dan 2 udah aku terapkan. tapi poin ke bawahnya memang belum aku lakukan hehehe.

    pantes aja, walaupun aku hampir setiap hari buka blog. tapi pas udah di depan laptop buyar semua yang mau ditulis. padahal siang harinya punya banyak ide. wah, mesti sering-sering langsung catet nih.

    doakan supaya aku bisa tetap konsisten nge-blog yaaa… πŸ˜€

    • January 10, 2015 / 10:01 am

      Sama-sama Mbak Lia, makasih untuk inspirasinya! πŸ˜€

      Nah itu ya karena aku rasa pas ide itu datang tapi karena waktunya nggak pas kita nggak bisa langsung nulis kan jadi emang sebaiknya dicatet dulu supaya nanti waktu kita ada waktu tinggal dikembangin deh.

      Sukses terus ya mbak. Yuk mari semangat ngeblog πŸ˜€

  6. January 10, 2015 / 2:23 am

    Bener sekali link FB selalu menjadi godaan terberat sehingga rencana update postingan blog buyar. Salam kenal ya mbak πŸ™‚

    • January 10, 2015 / 10:04 am

      Salam kenal juga mbak πŸ˜€ Iya emang FB itu godaan banget yah hihihihi

  7. January 10, 2015 / 5:35 pm

    sisihkan waktu 30 menit buat nulis *noted* kadang suka kalah sama rasa ngantuk sepulang ngantor. jadi alasan buat nggak nulis. lebih nyaman nulis di PC sih mbak. kalo smartphone kurang gede layarnya *mata udah uzur* hihihi…thank you tipsnya sangat bermanfaat

    • January 10, 2015 / 7:15 pm

      Aku juga kok Mbak nggak bisa ngeblog dari HP soalnya proses kreatifnya juga agak panjang hihihi plus iya pengaruh kalo di HP kecil ya gak puas dan gak nolong mata yang udah umur hihihihi. Makasih ya Mbak πŸ˜€

  8. January 10, 2015 / 5:41 pm

    Ini juga jadi resolusi di tahun 2015. Doakan saya ya Mbak Maureen…*bighugs

    • January 10, 2015 / 7:15 pm

      πŸ˜€ Sukses ya mbak. Yuk sama-sama kita semangat ngeblog di 2015!

  9. January 10, 2015 / 6:53 pm

    Wwo…kereeeen mbk Maureen. Sangat bermanfaat.
    TFS ya mak. mudah-mudahan bisa diterapkan untuk diri sendiri, xixixiii..

    • January 10, 2015 / 7:16 pm

      Makasih banyak Mbak Fardelyn πŸ™‚
      Semangat terus nulis dan ngeblog yah!

  10. January 11, 2015 / 12:25 am

    wah bagus juga ya mak bikin skedulnya jadi bener-bener ada jadwal nggak seadanya ide, baru posting, kalau ada jadwal jadi kepacu untuk posting tepat waktu πŸ™‚

    • January 12, 2015 / 2:44 pm

      Iya mbak Dewi jadi ada ‘tema’ per minggu biar berasa lebih konsisten dengan niche πŸ™‚ Makasih ya mbak.

  11. January 12, 2015 / 11:36 am

    thanks tips nya mba…perlu banget inih..

    • January 12, 2015 / 2:45 pm

      Makasih juga udah mampir mbak Kania πŸ™‚

  12. January 12, 2015 / 4:13 pm

    makasih tipsnya, konsisten ngeblog salah satu resolusi saya di tahun 2015

    • January 13, 2015 / 12:33 pm

      Makasih juga sudah mampir. Sukses terus untuk blognya di tahun 2015 yah πŸ™‚

  13. January 13, 2015 / 10:23 am

    wah boleh ditiru nih mak biar makin rajin ngeblognya πŸ™‚

    • January 13, 2015 / 12:25 pm

      Makasih mbak Indah yuk kita sama-sama semakin rajin ngeblog πŸ˜€

  14. January 13, 2015 / 12:35 pm

    Kayaknya aku juga harus pake voice note ini, dech. Ide suka muncul kapanpun nggak kenal tempat dan waktu. Terus kurangin scroll fesbuk. terus…terus.. ah semua tipsnya harus dilakukan ini. πŸ˜‰

    • January 15, 2015 / 4:08 pm

      Iya bener mbak Uwien, voice note-nya ngebantu banget apalagi kalau dapet idenya mendadak. πŸ˜€ Makasih ya mbak!

  15. January 14, 2015 / 11:25 pm

    Poin no. 4 inspiring banget mba πŸ™‚ Itu kali yah yg ngebedain professional writer sama ‘penulis diary’ macam saya, hehe.. Thanks for sharing, bermanfaat banget πŸ™‚ Salam kenal, great posts you have here πŸ™‚

    • January 15, 2015 / 4:14 pm

      Semuanya dimulai dari kecintaan kita menulis kan mbak πŸ™‚ Salam kenal balik yah dan makasih sudah mampir.

  16. January 16, 2015 / 11:23 am

    Makasi banyak Kak Maureen buat tipsnya.
    Setuju banget sih tentang jadwal ngeblog.
    Aku baru mulai ngeblog tahun lalu bulan 9. Pengennya siih at least once in a week nulis tentang sesuatu *fingers cross*

    Thanks for sharing kak.
    Have a good day

  17. March 18, 2015 / 6:14 pm

    Syukur, terima kasih atas tips. Saya telah berniat untuk aktif ngeblog, mudah-mudahan saya bisa menerapkan tipsnya.

  18. April 27, 2015 / 7:14 am

    Salam kenal, mba Maureen ^_^ I just happily found your blog. Boleh dishare-kah bagaimana setting Facebook comments dan default WordPress comment bersamaan? Thank you!

  19. March 21, 2017 / 8:07 pm

    Kalau aku sih biasanya menuliskan ide dalam sebuah notepad. Kemudian merangkai kata-katanya habis itu tak publish. Paling tidak 1 bulan sekali sih kak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.