Sejarah Blogging Scoops of Joy

 

Blogging FunKenapa nge-blog?

Pertanyaan ini ngegantung aja di kepala dari kemaren tapi baru sekarang gw coba tulis pake dalam Bahasa. Karena jarang banget ngeblog pake Bahasa tolong dimaklumi kalau rada kaku ya. Siapa tau jadi makin nggak kaku kalo sering-sering posting pake Bahasa kan?

Awal Muasal Blogging

Pertama kali iseng nyoba ngeblog itu tahun 2003 di blogspot. Tujuan awalnya waktu itu bukan ngeblog juga sih tapi lebih nyari tempat buat nyimpen puisi-puisi pendek yang gw buat. Soal nulisnya udah hobby dari kecil.

Tahun 2004 mulai deh nulisnya lebih ke blogging, lebih personal alias udah kayak punya online diary aja gitu. Yang pasti kalau dibaca lagi sekarang pasti gw malu banget! Tahun itu juga nulis kisah perjalanan hubungan gw dengan mantan suami. Akibat ikutan di forum mix marriage, gw jadi banyak teman yang ternyata suka nulis/ngeblog juga. Beberapa masih jadi teman sampai sekarang.

Tahun 2005 waktu pindah ke Amerika dan menikah, blogging jadi makin rajin dan pindah ke Multiply yang hits banget ya waktu itu. Blogging jadi makin seru dan teman-teman blogging pun makin banyak dari mana-mana. Blogging juga jadi tempat buat connecting dua keluarga yang pada jauhan. Orang tua gw di Indonesia dan mantan mertua di Florida sementara waktu itu kita di kota kecil di Alabama.

Gw terpaksa bercerai dari Multiply di tahun 2008 waktu mantan suami pindah kerja ke Guangzhou, China. Si Multiply dan Facebook di blokir pemerintah China waktu itu. Jadi akhirnya terpaksa ngungsi balik lagi ke blogspot.

Evolusi Blog

Balik  ke Jakarta lagi, mulai deh kepikiran kok pengen banget punya website sendiri ya. Domain sendiri. Akhirnya dari perkenalan sama Dhi dan dibimbing dia juga gw akhirnya bisa punya domain sendiri. Waktu itu namanya TatterScoops.com di host sama Dhi alias masih ‘nge-kost’ blognya. Tapi pelan-pelan belajar juga gimana serunya setelah pindahan ke wordpress.org ini.

First Blog Button

Gambar di atas ini asli dibikin ilustrator pake foto anak gw dan gw.

Lama-lama setelah masa ‘kost’ habis di tempatnya Dhi gw pun nyoba nekad berdiri sendiri. Independently ngurus semuanya sendiri. Mulai dari urusan hosting company. Semuanya pake proses belajar dan banyak baca juga nanya-nanya.

Blognya juga berevolusi. Just like the way I change in life, my blog also evolves. Yang awalnya iseng-iseng karena emang hobby nulis lama-lama jadi passion.  Nulis soal mix marriages dan ups and downs-nya, nulis soal bayi dan lain-lain. Sampai akhirnya jadi semacam terapi gratis waktu gw melewati masa-masa sulit perceraian. Terapi mahal bok! Ngeblog lebih murah.

Tahun 2012, Scoops of Joy lahir dan isi blog yang lama pindahan ke ‘rumah baru’. Ada beberapa postingan yang gw delete juga, ada yang gw keep karena they are part of my stories, my journey.

Sampai akhirnya bertunangan lagi dengan kang mas tercinta, juga ada kisahnya di blog. Tapi kali ini gw lebih milih untuk share tulisan yang ngebantu, yang menginspirasi dan yang positif bukan ngeblog yang isinya marah-marah atau ngomel-ngomel.

Ngeblog juga ngebantu banget bawa penghasilan untuk gw yang single mom. Mau hire gw? Yuk mari *kesempatan jualan*.

Nggak kerasa gw udah 10 tahun lebih ngeblog, udah ngerasain high and low tapi baru belakangan ini berani ngaku bloggers professional.

Will I still be blogging 10 years from now? Who knows yah mungkin 10 tahun lagi platformnya udah beda lagi tapi yang pasti passion untuk nulis itu bakalan selalu ada.

Share yuk sejarah pertama kali ngeblog gimana? Dari kapan mulai ngeblog? Pasti seru deh baca ceritanya. Kalau mau, bikin blog post aja sekalian trus bagi linknya ke gw.

Foto: Mike Licht

Comments

comments

If you enjoyed this post, please consider leaving a comment or subscribing to the RSS feed to have future blog posts deliver straight to your inbox. Komentar dengan Bahasa Indonesia juga boleh loh jangan malu-malu ya.

8 Comments on Sejarah Blogging Scoops of Joy

  1. Ria
    November 28, 2014 at 11:33 am (3 years ago)

    Will do Yen…just bear with me 🙂 I started with Multiply as well.

    Reply
    • Maureen
      November 28, 2014 at 11:51 am (3 years ago)

      No pressure, Ria! Would love to read about your own blogging history 😀

      Reply
  2. Nunung Yuni Anggraeni
    November 28, 2014 at 12:08 pm (3 years ago)

    Waah..lama juga ya ngeblognya. Aku dulu juga sejak tahun 2003 mak pakai blogdrive. Trus 2006 pakai multiply. Sejak tutup tulisanku hilang semua. Salam kenal mak.

    Reply
    • Maureen
      November 28, 2014 at 12:57 pm (3 years ago)

      Salam kenal juga mak.
      Wah ampir seangkatan kita yah. Sayang banget yah semuanya ilang. Aku dulu udah backup untungnya 🙂

      Reply
    • Maureen
      November 28, 2014 at 7:27 pm (3 years ago)

      Dulu Multiply hitz banget emang ya bok 😀

      Reply
  3. Opi
    December 15, 2014 at 8:09 am (3 years ago)

    Oyeeen, kayaknya gue musti belajar sama elo deh :D. i kinda enjoy writing, but sometimes need to keep my anonimousity. such a hassle i know, but well but well…

    Reply
    • Maureen
      December 16, 2014 at 8:23 am (3 years ago)

      That’s the beauty of writing online, Opi! You don’t need to reveal your identity and can even hide the blog to yourself. Checkout wordpress.com 😀

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment *






CommentLuv badge