Review: Salonpas Gel-Patch

Tulisan ini adalah hasil kerjasama dengan Salonpas Gel-Patch namun seluruh opini adalah murni dari saya pribadi. This is a sponsored post and all opinions are my own. Please refer to my PR Page for more information.

 

Salonpas Gel-Patch Review

Anak saya pernah bertanya “Mommy, olahraga favoritnya apa?

Angkat beban di gym” jawab saya cepat tanpa banyak pikir yang disambung oleh protes kecil dari si bocah karena menurut dia angkat beban alias lifting weights di gym bukan olahraga hahaha. Saya jelaskan kalau olahraga kan banyak jenisnya dan walaupun tidak termasuk normal saya lebih suka ngangkat yang berat-berat ini di gym.

But I do love lifting heavy things at the gym!

Sejak pertama kali berkenalan dengan gym beberapa tahun yang lalu, sejak merasakan sendiri bagaimana pengaruh endorfin bikin saya semakin ketagihan berolahraga di gym. Sayangnya karena saya didiagnosa Herniated Discs yang lebih awam dikenal dengan istilah syaraf kejepit sejak tahun 2012, perjalanan fitness saya jadi penuh ups and downs.

Apa itu Endorfin?

Saat kita berolahraga, tubuh kita mengeluarkan bahan kimia yang disebut endorfin. Endorfin ini berinteraksi dengan reseptor di otak kita yang mengurangi persepsi akan rasa sakit.

Endorfin bisa juga dibilang hormon bahagia karena memang efeknya bikin kita merasa lebih bahagia, mood kita jadi lebih baik dan lebih berenergi.

Nah efek samping ini yang bikin orang-orang pencinta olahraga untuk semakin sering berolahraga. Justru, kalau sudah biasa olahraga lalu stop, energi level kita biasanya akan drop dan malah jadi cepet capek dan gampang sakit.

Topik diskusi minggu lalu di Facebook group Single Moms Indonesia ngebahas soal olahraga dan kenapa olahraga itu bisa menjadi ‘penolong’ dalam proses healing. Hormon bahagia ini juga ternyata ampuh lho untuk melawan perasaan depresi.

Seperti ketampar – saya jadi sadar belakangan ini sudah jarang olahraga dengan seribu satu alasan padahal saya tau banget pentingnya bergerak apalagi kerjaan saya tiap hari kebanyakan dalam posisi duduk.

Jadi minggu ini saya membulatkan tekad untuk kembali nge-gym!

Tips untuk Kembali Berolahraga Setelah Vakum

Untuk kita yang sudah lama tidak berolahraga ada beberapa tips untuk kembali menjalankan rutinitas hidup sehat ini seperti:

  1. Mulai Saja Dengan Yang Ringan

Kalau kita merasa berat banget untuk mulai olahraga lagi – believe me, I know the feeling! Rasanya lebih pengen tarik selimut dan tidur lagi daripada bela-belain bangun pagi dan olahraga. Tapi dengan memilih olahraga yang ringan dulu seperti jalan cepat atau jogging ringan yang penting tubuh bergerak. Setelah tubuh bisa beradaptasi baru deh bisa mencoba yang lebih berat sesuai dengan kemampuan pastinya.

  1. Cukup 5 Menit

Nggak perlu lho langsung olahraga sejam penuh apalagi untuk pemula atau yang baru mau kembali olahraga seperti saya. Komitmen 5 menit lebih masuk akal dan lebih achievable daripada olahraga sejam. Nantinya kalau badan sudah lebih terbiasa dengan olahraga lagi, waktunya bisa ditambah dan disesuaikan.

  1. Remember how good it makes you feel

Kadang-kadang membayangkan lari di treadmill atau olahraga di gym saja cukup bikin kita bete duluan. Hello, burpees?! Nah, untuk jadi motivasi coba bayangkan perasaan puasnya dan how good you will feel nantinya. Selain mungkin sedikit pegal linu rasanya nggak mungkin ya kita menyesali berolahraga.

  1. Jangan Lupa Cooling Down

Jangan lupa cooling down!

Cooling Down Penting

Semua orang sudah tau pentingnya Warming Up sebelum mulai olahraga. Tapi tau nggak kalau Cooling Down alias pendinginan ini juga penting banget dilakukan? Kenapa penting? Karena cooling down setelah olahraga itu berarti kita menormalkan kembali detak jantung yang tadinya meningkat. Selama berolahraga, jantung kita berdetak lebih kencang dari biasanya dan pembuluh darah membesar.  Berhenti olahraga secara mendadak tanpa pendinginan ini beresiko bikin kita pingsan atau merasa sakit. Remeh sih kedengarannya yah tapi please, jangan lupa cooling down setiap kali kita olahraga!

Salonpas Gel-Patch Solusi Nyeri Otot

Salonpas Gel-Patch Review

Herniated Discs (HNP) membuat saya harus lebih hati-hati dalam urusan olahraga. Walaupun penyebab Herniated Discs saya ini masih misterius karena ada banyak banget faktor yang bisa mempengaruhi kondisi tulang belakang, saya percaya banget kalau HNP saya tidak seharusnya jadi alasan untuk berhenti being active apalagi memusuhi olahraga.

In these past few years saya sudah banyak sekali belajar soal HNP dan yang paling penting sih saya jadi lebih mengerti kondisi badan saya sendiri. Saya jadi tau gerakan apa-apa aja yang bakalan bikin HNP saya kumat. Contohnya, karena posisi HNP saya di lumbar L4-5 and L5-S1 dan L3-4, gerakan-gerakan yang mengharuskan saya membungkuk kedepan terlalu dalam (deep forward bending) biasanya bakalan bikin saya hampir nggak bisa jalan besokannya. Kenapa? Karena HNP saya jadi kumat. Makanya itu untuk yoga atau gym movements’ saya amat sangat berhati-hati dan menghindari gerakan ini.

Faktor kerjaan yang mengharuskan saya banyak duduk dan menggunakan sepatu berheels juga kadang membuat sciatica pain saya kumat. Sciatica pain itu adalah efek samping dari HNP berupa keram kaki yang amat sangat sakit dibagian kaki kiri saya dari betis sampai ke pergelangan kaki. Sciatica ini kalau udah kumat…ampun deh sumpah, sakit banget! Rasanya kaki saya seperti mau copot. Antara nyeri otot, ketarik dan keram. Ngeri ya?

Salonpas Gel-Patch

Beruntung banget akhirnya menemukan produk Salonpas Gel-Patch yang ternyata cocok buat nolongin back pain saya.

Salonpas Gel-Patch

Yes, koyo Salonpas Gel-Patch ini emang saya rasakan sendiri berbeda dengan koyo lainnya. Btw, saya udah pake beberapa jenis koyo sebelumnya bahkan pernah sampai ke anak gunung Krakatau bermodalkan koyo karena sakit pinggang kumat!

Salonpas Gel-Patch tampak belakang

Kenapa Salonpas Gel-Patch Beda Dengan Yang Lain?

  • Karena kandungan Glycol Salicylate yang ada di dalam koyo lebih ampuh buat mengatasi nyeri yang kronik dan believe me, my back pain is pretty chronic!
  • Kombinasi cold and warm dalam satu lembar koyo. Efektifnya efek cold berguna untuk nyeri atau sakit yang akut bersamaan dengan inflamasi dan pembengkakan sedangkan fungsi warm sendiri sangat berguna untuk nyeri otot dan keseleo misalnya. Kalau koyo lain biasanya setelah sejam efeknya sudah tidak berasa, Salonpas Gel-Patch bekerja sampai 2 jam sejak pemasangan. Oh ya, warm di sini lebih cenderung ke hangat seperti mengompres yah jadi bukan panas yang kebakar seperti merk koyo lain.
  • Kalo dibuka nggak sekalian waxing alias nggak bikin sakit! Ini penting banget lho, dulunya saya nggak suka pake koyo karena kalo dibuka ya serasa lagi waxing.
  • Elastis! I love this part banget deh soalnya karena posisi yang sering masalah itu di pinggang satu lembar Salonpas Gel-Patch aja udah cukup untuk menutupi area yang mengganggu. Cara pemakaiannya cukup tarik dan tempel aja. As simple as that!

Yang paling utama sih buat saya pribadi, this thing works! Serius deh, saya dulu sering banget nenggak pain killer kalau pinggang udah kumat sakitnya, dan sakit saya ini udah termasuk jenis parah alias kronik jadi saya udah coba banyak hal. Tapi ternyata pemakaian Salonpas Gel-Patch ini nolong banget. Episode sciatica attack saya jadi jauh berkurang. Saya juga bisa pakai koyo ampuh ini pas olahraga di gym.

Let’s Move With Salonpas

Guys, karena kita semua sudah pada tahu yah pentingnya hidup sehat sekarang ada ajakan seru dari Salonpas nih. Mau ikutan event olahraga seru barengan artisnya Salonpas Gel-Patch dalam rangka kampanye hidup sehat “Let’s Move”? Pastinya acara ini bakalan fun banget. Ayo lah cus kepoin Facebook Page juga Instagramnya Salonpas Gel-Patch supaya stay update untuk info lebih lengkap yang nanti akan diumumkan. Salonpas Gel-Patch juga sudah nyiapin beragam hadiah menarik yang salah satunya tiket buat ikutan Jakarta Marathon 2017. Keren kan? BTW, tiket Jakarta Marathon ini selalu laris manis alias cepet banget sold out-nya jadi siapa tahu kalian bisa jadi salah satu pemenang beruntung yang dapetin tiket Jakarta Marathon 2017.

Satu lagi nih, jangan lupa follow Facebook Page dan Instagram Scoops of Joy karena nanti bakalan ada kejutan dari Salonpas Gel-Patch buat followersku. So, what are you waiting for?

Let’s get fit, let’s move!

Comments

comments

If you enjoyed this post, please consider leaving a comment or subscribing to the RSS feed to have future blog posts deliver straight to your inbox. Don’t forget to Vote for me at Top Mommy Blogs Komentar dengan Bahasa Indonesia juga boleh loh jangan malu-malu ya.

14 Comments on Review: Salonpas Gel-Patch

  1. fika anaira
    August 16, 2017 at 7:30 am (1 month ago)

    Mba ini juga andalanku kalo lagi traveling 😀 rasanya kalo malam setelah jalan-jalan belum pakai ini rasanya ada yang kurang

    Reply
    • Maureen
      September 15, 2017 at 7:29 am (6 days ago)

      Wah kebayang ini pasti bakalan pas banget dipake untuk traveling apalagi kalau long distance yah plus bantuin pegel-pegelnya 😀
      Maureen recently posted..Perihal Hak Asuh AnakMy Profile

      Reply
  2. Eryvia Maronie
    August 16, 2017 at 8:03 am (1 month ago)

    Salonpas ini andalanku juga sejak dulu…
    Kalo punggung terasa pegal-pegal akibat kecapean mbabu di rumah, langsung aja tempel Salonpas

    Reply
    • Maureen
      September 15, 2017 at 7:30 am (6 days ago)

      Hahaha sama Mba urusan membabu-buta itu emang PR juga yah Mba tapi pake Salonpas gel-patch nolong banget 😀
      Maureen recently posted..Perihal Hak Asuh AnakMy Profile

      Reply
  3. Ophi Ziadah
    August 16, 2017 at 8:08 am (1 month ago)

    Aku niiih dah berpuluh purnama ga olahraga.
    Mau beli sepeda dulu aaah *alesaan:p

    Reply
  4. farida
    August 16, 2017 at 8:18 am (1 month ago)

    wah tips yang bagus ini agar tetap sehat ya.
    terimakasih infonya 🙂

    Reply
    • Maureen
      September 15, 2017 at 7:41 am (6 days ago)

      Terima kasih sudah mampir komen ya Mba 🙂 Semoga bermanfaat.
      Maureen recently posted..Perihal Hak Asuh AnakMy Profile

      Reply
  5. Eni martini
    August 16, 2017 at 8:21 am (1 month ago)

    Aku butuh nih, pekerjaan rumah tangga juga bikin pegal pegal

    Reply
  6. lianny hendrawati
    August 16, 2017 at 9:10 am (1 month ago)

    Harus sedia di rumah nih, ntar kalo pinggang linu tinggal tempel aja.
    Makasih udah diingatkan untuk olahraga, aku baru memulai dengan jalan muteri taman depan rumah 10 kali aja 🙂

    Reply
    • Maureen
      September 15, 2017 at 7:45 am (6 days ago)

      Semangat Mbak Lianny! Jalan pagi juga membantu banget tinggal dinaikin aja puterannya misalnya per 3 hari sekali jadi membangun endurance 😀
      Maureen recently posted..Perihal Hak Asuh AnakMy Profile

      Reply
  7. Indah nuria
    August 16, 2017 at 5:23 pm (1 month ago)

    Greaaaat… now I don’t have to worry about moving around and lifting heavy things. Sudah ada pertolongan pertama kalau capeeek 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment *






CommentLuv badge